Posted on: July 5, 2022 Posted by: dupostc Comments: 0
Sisi Positif dan negatif Dunia Teknologi Terhadap Pendidikan di Indonesia

Sisi Positif dan negatif Dunia Teknologi Terhadap Pendidikan di Indonesia – Sistem pendidikan di Indonesia boleh jadi semakin hari semakin berkembang. Seperti yang digambarkan UNESCO (1998) terkait “The International Commission on Education for the Twenty First Century”. Mereka memaksimalkan proses pembelajaran tanpa batas waktu yang berlandaskan 4 hal yakni Learning to Live Together, Learning to be, Learning to Do dan Learning to Know.

Demi tercapainya 4 pilar tersebut, dunia pendidikan di Indonesia disarankan untuk menggunakan dan memanfaatkan dunia teknologi. Jelas sekali bahwa saat ini penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting sekali untuk perkembangan pendidikan bertaraf maju. Walau begitu, terdapat banyak sisi positif dan negatif atas kehadiran media tersebut. Dimana kajian itu telah kami paparkan berdasarkan fakta.

Sisi Positif

Adanya dunia teknologi sangat berguna bagi sistem pendidikan di Indonesia. Dimana beberapa di antaranya tela kami simpulkan pada uraian di bawah ini, antara lain;

• Sumber Ilmu Pengetahuan
Para tenaga pendidik dan peserta didik akan mampu mengenyam segala macam ilmu pengetahuan tanpa harus mendapatkannya di sekolah. Dimana keduanya bisa mempelajarinya secara bebas kapan saja dan dimana saja.

• Variasi Pembelajaran
Setiap guru akan selalu mendapatkan variasi dan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan minat para siswa untuk menelaah tentang segala macam materi. Sebab kajian yang terbit sangat mudah dipahami dengan cepat dan ringkas. Sehingga semua pihak yang terlibat di dalamnya akan tampil lebih cakap, terampil dan berintegritas.

• Terhubung Satu Sama Lain
Keterbatasan jam sekolah bukan alasan utama untuk tidak belajar. Sebab para guru dan siswa bisa terhubung dan berinteraksi secara langsung via online melalui Video Conference.

• Mempermudah Pengerjaan Sekolah
Dan sisi positif yang paling penting yakni mempermudah pengerjaan sekolah. Contohnya penggunaan mesin Photocopy dalam menggandakan kertas ujian tulis. Selain itu juga ada sistem Ujian Berbasis Komputer (UBK) yang mempercepat proses penilaian. Dan yang paling vital adalah penyusunan Raport terhadap masing – masing nilai berdasarkan rumus yang ditentukan.

Sisi Positif dan negatif Dunia Teknologi Terhadap Pendidikan di Indonesia

Dampak Negatif

Tidak hanya mendapatkan kenyamanan dalam mengenyam sistem pendidikan. Kemunculan dunia teknologi pun juga memberikan dampak negatif, seperti berikut ini;

• Ancaman Fungsi Guru
Saat ini banyak pembelajaran formal dan nonformal yang muncul di internet yang merujuk pada pengalihan fungsi guru, salah satunya Electronic Learning (E-learning). Dimana para siswa akan belajar langsung dari para ahli dengan penjelasan yang sangat mudah dipahami.

• Terlena Akan Kewajiban
Tidak hanya itu, para peserta didik hingga tenaga pendidik bisa jadi terlena akan kewajibannya. Sebab berselancar di dunia internet diyakini menghabiskan waktu berjam – jam. Terlebih keduanya bisa kecanduan game online bahkan mungkin Judi Online.

• Anti Sosial
Kemunculan dunia teknologi juga dapat merusak hubungan sosial antar sesama. Sebab sekali mereka terjun dan tergiur dengan banyak konten yang menarik, maka mereka akan bersikap lebih sensitif dan bisa jadi skeptis terhadap lingkungan di sekitarnya.

• Kejahatan Internet
Dan sisi negatif yang cukup mengkhawatirkan adalah tergolong pelaku kejahatan internet (Cyber Crime). Baik para siswa atau guru yang tidak bertanggung jawab berkesempatan untuk melakukan pencurian aset, dokumen atau data pendidikan yang bersifat penting dengan bermodalkan kode akses.

Adanya dunia teknologi boleh jadi peluang besar bagi para guru dan siswa dalam memajukan sistem pendidikan di Indonesia. Namun mereka tetap harus waspada pada saat menggunakannya demi menjaga diri sendiri dan pihak lain.