Posted on: July 31, 2022 Posted by: dupostc Comments: 0
Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Yang Perlu Diperhatikan Berbagai Kalangan Dan Segera Dicari Solusinya

Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Yang Perlu Diperhatikan Berbagai Kalangan Dan Segera Dicari Solusinya – Meskipun perubahan kurikulum belajar telah dilakukan berulang kali. Namun tetap saja sampai sekarang permasalahan pendidikan di Indonesia belum teratasi sepenuhnya. Kondisi ini tentunya sangat disayangkan. Pasalnya pendidikan termasuk salah satu komponen yang berfungsi untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia. Di mana ketika kualitas sumber daya manusia itu baik bisa mengakibatkan perkembangan suatu negara menjadi pesat. Lantas apa saja permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia itu ada yang tahu?.

10 Permasalahan Pendidikan di Indonesia Yang Harus Segera Diatasi Pemerintah

Jika dibandingkan dengan negara super power sektor pendidikan yang ada di tanah air dapat dikatakan tertinggal. Di mana setidaknya ada delapan permasalahan pendidikan di Indonesia yang harus segera ditindaklanjuti untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Adapun beberapa permasalahan yang dimaksud seperti berikut ini :

1.Bahan Belajar Yang Masih Sedikit
Bahan belajar yang kurang termasuk salah satu permasalahan dalam sektor pendidikan di Indonesia. Meskipun begitu minimnya materi pembelajaran di tanah air ini masih bisa dikatakan wajar. Pasalnya kesadaran akan literasi di Indonesia saat ini termasuk urutan akhir. Selain itu kurangnya perpustakaan juga masuk ke dalam faktor yang menghambat proses pembelajaran para siswa. Di mana salah satu hal yang bisa menunjang kualitas belajar yaitu seorang pelajar dapat dengan mudah memperoleh lembar latihan soal dan buku pelajaran yang dibutuhkan. Oleh karena itu sebaiknya pemerintah memberikan bantuan berupa perlengkapan belajar dan materi untuk wilayah-wilaya h di daerah minim bahan ajar.

2.Kurangnya Sarana Prasarana Yang Memadai
Kurangnya sarana dan prasarana termasuk salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang banyak dikeluhkan baik guru maupun murid. Bisa dikatakan bahwa permasalahan ini sudah dianggap tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk sekolah-sekolah yang berada di daerah terisolasi, pedesaan, pinggiran dan perbatasan. Contohnya yaitu belum tersedia jaringan listrik sehingga untuk meneranginya kegiatan belajar pada malam hari harus menggunakan lilin.

3.Jumlah Guru Terampil Yang Terbatas
Permasalahan pendidikan tentang guru terampil ini biasanya dialami oleh sekolah-sekolah yang berada di daerah pedesaan dan pinggiran. Dalam hal ini ada berbagai faktor yang mendasarinya salah satunya yaitu minat dari tenaga pendidik itu sendiri. Di mana pahlawan tanpa tanda jasa itu lebih memilih untuk mengajar di tempat yang mudah diakses baik dari segi transportasi hingga menemukan kebutuhannya. Meskipun begitu tidak sedikit guru di tanah air yang hatinya tergerak untuk mengabdi mengajar di desa terpencil.

4.Biaya Pendidikan Yang Mahal
Dapat dibilang bahwa permasalahan pendidikan satu ini termasuk yang paling mendasar diantara semuanya. Walaupun saat ini pemerintah telah menyiapkan berbagai macam program gratis. Namun tetap saja program tersebut belum merata hingga ke pelosok daerah dan ironinya masih ada masyarakat Indonesia yang miskin harus ikut membayarnya dengan jumlah tidak sedikit.

5.Ketersediaan Dana Pendidikan Yang Kurang
Dana yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya biaya untuk pendidikan pada lembaga informal dan formal saja. Melainkan juga biaya untuk membayar beragam fasilitas dan properti seperti buku, seragam, transportasi dan alat tulis. Bahkan karena ketersediaan dana yang kurang itu membuat masyarakat dengan ekonomi rendah memilih bekerja guna memenuhi biaya hidupnya daripada meneruskan pendidikan. Meskipun pemerintah sudah menyusun rencana pendidikan serta program belajar 12 tahun untuk mengatasinya. Namun sayangnya permasalahan ini hingga sekarang belum teratasi. Hal itu dikarenakan penyebaran dana program pendidikan yang tidak merata.

Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Yang Perlu Diperhatikan Berbagai Kalangan Dan Segera Dicari Solusinya

6.Pungutan Liar Yang Masih Banyak
Permasalahan selanjutnya tentang pendidikan di Indonesia yaitu maraknya pungutan liar yang biasanya dilakukan oleh guru, pegawai hingga pemimpin sekolah dalam wujud uang dan lainnya kepada para peserta didiknya. Misalnya pungutan yang tidak sesuai aturan pemerintah berupa meminta dana dari siswa untuk sumbangan masjid dengan nominal yang telah ditentukan pihak sekolah. Di mana tujuan pungutan liar itu adalah untuk menciptakan kesejahteraan pribadi.

7.Dunia Pendidikan Yang Tidak Sesuai Dengan Kerja
Permasalahan berikutnya yaitu banyaknya lulusan baik dari SMA atau perguruan tinggi yang masih kurang terampil dalam bidang industri maupun teknologi. Hal itu dikarenakan kebijakan menyambung sistem pendidikan pada dunia industri tidak dilakukan secara benar-benar dan kurang perhatian tentang kebutuhan di lapangan pekerjaan.

8.Mutu Pendidikan Yang Rendah
Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia juga termasuk salah satu permasalahannya. Di mana salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan yaitu perspektif dari masyarakat umum yang menilai bahwa menuntut ilmu bukanlah termasuk kewajiban. Selain itu saat ini kegiatan belajar juga dijadikan ajang untuk memenuhi gensi, peroleh gelar dan mencari pangkat. Tentunya hal itu berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan di Indonesia yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan ketahuan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

9.Pendidikan Agama Dan Mental Yang Belum Maksimal
Salah satu tujuan dari bangsa Indonesia yaitu menginginkan warganya unggul, berakhlak, berperilaku baik dan berbudi pekerti. Dengan begitu untuk mewujudkannya sejak sedini mungkin siswa harus diajarkan sopan santun baik di lingkungan sekolah maupun keluarga. Namun yang menjadi permasalahan pendidikan di Indonesia tentang hal itu adalah pendidikan agama dan mental yang belum maksimal.

10.Terjadinya Kekerasan Di Dalam Dunia Pendidikan
Permasalahan terakhir tentang pendidikan Indonesia yaitu banyaknya aksi kekerasan yang dilakukan oleh guru kepada murid atau sesama siswa. Adapun kekerasan yang dimaksud berupa kekerasan seksual, fisik dan pikis. Tentunya permasalahan ini harus segera diatasi agar bisa menciptakan peserta didik yang berkualitas dan nyaman ketika sedang belajar mengajar berlangsung.

Demikianlah pembahasan singkat tentang 10 permasalahan pendidikan di Indonesia yang perlu segera diatasi oleh berbagai pihak terutama pemerintah supaya masyarakat bisa mencari ilmu dengan maksimal dan tujuan meningkatkan sumber daya manusia cepat tercapai.