Posted on: July 5, 2022 Posted by: dupostc Comments: 0
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan di Indonesia – Pendidikan merupakan hal terpenting untuk kemajuan suatu bangsa. Indonesia dikenal sebagai negara terbanyak dalam mengampu mata pelajaran. Menariknya, semua siswa sangat menerima dengan senang hati atas kajian kurikulum dan pembelajaran yang ditentukan setiap tahun.

Sistem pendidikan di Indonesia memang sangat beragam. Dulunya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terfokus pada Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun di era modern, pemerintah mulai merancang Kurikulum 2013 (K13) dengan berbagai versi.

Dari situ muncullah desas – desus pendidikan yang masih menjadi pertanyaan publik. Sejauh mana perkembangan pendidikan tersebut akan berjalan Hingga kini pemerintah masih memikirkan jalan keluarnya demi perkembangan bangsa. Dan berikut ini merupakan sisi kelebihan dan kekurangan sistem pendidikan di Indonesia, antara lain;

Kelebihan

1. Biaya Pendidikan Sangat Terjangkau
Salah satu kelebihan yang pertama adalah biaya atau anggaran pendidikan di Indonesia tentu sangat terjangkau. Sebab setiap kalangan dari seluruh wilayah disarankan untuk menempuh pendidikan minimal 9 hingga 12 tahun. Lebih dari itu, pemerintah pun selalu memberikan dana bantuan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara berkala. Nantinya dana tersebut akan disalurkan secara merata terhadap siswa kurang mampu, sarana dan prasarana atau keperluan sekolah yang bersangkutan.

2. Kegiatan Belajar Mengajar Transparan
Di balik semua itu, proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Indonesia terlihat sangat transparan. Dimana para orang tua atau wali murid bisa langsung datang ke sekolah untuk melihat anak didiknya selama jam belajar. Secara umum hal tersebut hanya berlaku untuk tingkat Taman Kanak – Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Sementara pada tingkat lanjutan, mereka hanya diperbolehkan melakukan pemantauan dari jarak jauh.

3. Kurikulum Dirancang oleh Para Ahli
Kelebihan yang berikutnya yakni semua kurikulum pembelajaran di Indonesia telah disusun dan dirancang oleh para ahli. Mereka terus melakukan pengamatan baik secara langsung atau tidak langsung untuk mengidentifikasi perkembangan berikutnya. Di samping itu, mereka juga mengundang para guru tertentu untuk membahas kelanjutan pendidikan agar bisa bersaing dengan negara maju.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan di Indonesia

Kekurangan

1. Minimnya Sarana dan Prasarana
Jika dilihat dari segi kekurangan, pendidikan di Indonesia terbilang masih kurang memadai. Pasalnya sarana dan prasaran yang berada di masing – masing sekolah tidak merata. Contohnya banyak sekolah di pelosok negeri masih belum memiliki gedung yang layak. Di samping itu, sekolah di pedesaan pun harus mengantre dana BOS untuk membangun dan mengadakan fasilitas sekolah seperti perpustakaan, gedung laboratorium, ruang kelas dan lain sebagainya.

2. Peranan Para Guru Tidak Maksimal
Tak hanya itu saja, peranan para guru dan tenaga pendidik yang ada pun tidak begitu maksimal. Mengapa begitu Sebab pemilihan dan pengangkatan guru tidak dilakukan secara subjektif, melainkan objektif. Terbukti bahwa banyaknya guru muda seakan – akan menyimpang dalam memberikan materi yang tercantum dalam kurikulum. Selebihnya, penyebaran guru berpengalaman pun tidak begitu aktif di berbagai negeri. Sehingga masing – masing siswa di sekolah tertentu tidak mendapatkan kajian pembelajaran yang mendalam.

3. Mengedepankan Teori
Dan kekurangan yang lainnya adalah sistem pendidikan di Indonesia lebih mengedepankan teori dari pada praktik. Hal tersebut berlangsung sejak beberapa tahun silam, dimana setiap siswa diharuskan mampu menguasai semua mata pelajaran yang diampu tanpa harus memandang bulu. Lagipula jam tatap muka mereka terbatas setiap harinya. Alhasil kualitas lulusan beberapa tahun terakhir tidak begitu mapan lantaran fokus mereka terpecah belah.