Posted on: July 5, 2022 Posted by: dupostc Comments: 0
Informasi Menarik Tentang Pendidikan di Indonesia

Informasi Menarik Tentang Pendidikan di IndonesiaSetiap siswa, orang tua hingga tenaga pendidik pasti menginginkan serangkaian informasi terkait pendidikan di Indonesia. Karena pada umumnya perkembangan pendidikan tersebut terlalu banyak melewati proses yang bertubi – tubi untuk memberikan hasil maksimal. Sampai detik ini saja sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mengalami perubahan dan peningkatan yang sangat drastis. Alhasil kondisi telah dinikmati oleh sejumlah penduduk Indonesia khususnya peserta didik.

Mulai dari Orde Lama, Orde Baru hingga era Millennial, pendidikan di Indonesia selalu mengalami perombakan secara besar – besaran. Tujuan utamanya tak lain adalah ingin memberikan wawasan dan kajian yang luas terhadap semua generasi penerus bangsa. Karena mereka merupakan jaminan negara yang memang harus diabadikan.

Peningkatan Pendidikan di Indonesia

Dulunya pendidikan di Indonesia terbilang kurang memadai. Sebab para kalangan atas selalu menghalalkan segala cara untuk memberikan kajian terbaik terhadap orang – orang tertentu. Namun seiring berjalannya waktu hal tersebut dapat dikatakan berubah secara perlahan. Dimana semua khalayak umum dapat menikmati pengetahuan yang belum mereka dapatkan sebelumnya. Hal itu bermula dari sejumlah kurikulum yang diberikan terhadap para siswa. Mereka dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran dengan cara apa pun di bawah bimbingan para guru berpengalaman.

Terbukti bahwa perpindahan kurikulum tersebut berhasil mendongkrak minat belajar para siswa untuk menatap kerasnya kehidupan di masa depan. Kerja sama antar wali murid dan para tenaga pendidik pun mulai saling berkaitan. Sehingga upaya untuk menghasilkan kualitas lulusan terbaik dan memuaskan dapat dibilang sangat mudah. Dan hal tersebut telah berlangsung sejak kemunculan Kurikulum 2013 (K13).

Pengaruh Digitalisasi Terhadap Pendidikan di Indonesia

Pengaruh Digitalisasi Terhadap Pendidikan di Indonesia

Telah menjadi fakta bahwa pendidikan di Indonesia pada jaman dulu terbilang sangat buruk. Apa alasannya Sebab saat itu peran pemerintah tidak begitu sempurna dalam memberikan kajian terbaik untuk memasukan sistem pendidikan. Lebih – lebih mereka hanya mengedepankan teori yang notabenenya menurunkan minat dan semangat belajar. Namun tahun demi tahun pun berlalu hingga pada akhirnya muncullah dunia teknologi digital. Diketahui bahwa pengaruh digitalisasi sangat berarti besar pada pendidikan formal, nonformal dan informal di Indonesia. Sebab semua pihak yang terlibat memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan bangsa.

Keberadaan media dan penggunaan gadget terhadap setiap sekolah berhasil menyempurnakan proses KBM. Salah satu contoh setiap siswa tidak harus bertanya di kelas untuk mendapatkan informasi lanjutan tentang pelajaran yang sulit dipahami. Mereka memanfaatkan HP atau Laptop untuk berinteraksi dengan teman atau pihak lain melalui internet. Lebih dari itu, tingkat kecerdasan para siswa dan tenaga pendidik akan selalu meningkat setelah menyelami dunia digital.

Sisi Positif Pembangunan Terhadap Sistem Pendidikan

Pergantian kursi pemerintahan rupanya telah memberikan angin segar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Telah banyak fakta yang terjadi dimana setiap sekolah akan mengalami proses pembangunan untuk meningkatkan sistem pendidikan secara layak. Beberapa tahun silam telah mengalir sejumlah bantuan terhadap masing – masing sekolah, siswa hingga guru untuk mendapatkan santunan sesuai ketentuan.

Sehingga mereka akan saling menjunjung tinggi status pendidikan untuk menciptakan banyak terobosan demi menghasilkan mutu dan kualitas pembelajaran yang lebih layak. Boleh jadi perkembangan pembangunan tersebut masih belum berjalan sepenuhnya. Namun sebagian besar pihak yang terlibat di dalamnya telah mendapatkan haknya secara nyata. Dan bukan tidak mungkin bila beberapa tahun mendatang sistem pendidikan tersebut mampu menyaingi beberapa negara lain demi mengharumkan nama bangsa.