Posted on: July 28, 2022 Posted by: dupostc Comments: 0
Cara Meningkatkan Tenaga Pendidik Dan Sistem Pendidikan di Tanah Air

Cara Meningkatkan Tenaga Pendidik Dan Sistem Pendidikan di Tanah Air – Di dalam sektor pendidikan guru termasuk salah satu komponen terpenting untuk menciptakan siswa yang berprestasi. Oleh karena itu untuk bisa menjadi pahlawan tanpa tanda jasa ini harus memenuhi beberapa kualifikasi terlebih dahulu. Berdasarkan UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 10 Terdapat 4 kompetensi yang wajib dimiliki oleh tenaga pendidik ini seperti pedagogik, kepribadian berkaitan dengan karakter personal guru, kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial.

Cara Meningkatkan Profesional Tenaga Pendidik Di Indonesia

Supaya guru bisa menciptakan peserta didik yang terampil dan berprestasi maka perlu meningkatkan profesionalismenya. Namun perlu diketahui bahwa untuk bisa meningkatkan profesionalismenya ini guru juga perlu mendapatkan dukungan terlebih dahulu dari berbagai macam pihak seperti pemerintah, instansi tempat bekerja dan Dari dirinya sendiri. Dimana untuk meningkatkan profesionalisme itu bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini.

1. Melanjutkan Pendidikan Ke Taraf Yang Lebih Tinggi

Salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia guna meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan memberikan beasiswa kepada tenaga pendidik untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan begitu diharapkan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut akan memiliki akuntabilitas yang memadai untuk menjalankan fungsi dan perannya mendidik para siswanya.

2. Mengikuti Program Pelatihan

Untuk meningkatkan profesionalismenya para guru bisa mencoba mengikuti berbagai macam pelatihan yang diadakan pemerintah. Selain itu para pendidik ini juga bisa mencoba pelatihan-pelatihan yang ada di internet atau secara online misalnya pelatihan tentang menggambar, coding dan informatika. Dengan begitu nantinya pendidik yang profesional tidak hanya belajar tentang strategi pembelajaran saja namun juga harus diimbangi berbagai keterampilan lainnya.

3. Memperbanyak Kegiatan Membaca Buku

Tentunya menjadi guru yang profesionalisme harus bisa memberikan contoh kepada para peserta didiknya. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk para pendidik juga membaca buku-buku yang mengandung pengetahuan seputar pembelajaran, cara berkomunikasi dan kompetensi padagogik. Dalam hal ini untuk mendapatkan sumber bacaan tidak melulu di perpustakaan saja namun juga bisa searching melalui internet.

4. Berperan Aktif Mengikuti Kelompok Kerja Guru

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan para pendidik untuk meningkatkan profesionalismenya yaitu dengan mengikuti kegiatan kelompok kerja guru. Di mana kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengupgrade skill dari pahlawan tanpa tanda jasa itu. Dalam hal ini untuk memperoleh inspirasi tidak harus melulu belajar dari seorang profesor saja namun juga bisa sesama teman sejawat yang sama-sama berprofesi sebagai guru.

5. Mencoba Membuat Karya Tulis

Selain mengikuti kelompok kerja guru untuk meningkatkan profesionalismenya para pendidik juga bisa mencoba membuat karya tulis. Untuk tulisannya sendiri bisa berupa penelitian, jurnal, praktek pengajaran yang didokumentasikan dan artikel. Nantinya karya tulis yang telah dibuat itu bisa dijadikan portofolio sebagai sumber inspirasi bagi para pendidik lainnya.

6. Mencoba Memaksimalkan Media Sosial Yang Ada

Di era pandemi seperti saat ini memaksa seluruh pahlawan tanpa tanda jasa untuk bisa memaksimalkan peran teknologi dan media sosial seperti Facebook, YouTube hingga Twitter. Oleh karena itu Anda harus mampu untuk memanfaatkan peluang ini secara baik. Hal itu dikarenakan dengan mengamati cerita orang lain melalui sebuah video atau kata-kata dapat dijadikan contoh untuk membuat tulisan pengalaman mengajar pada media sosial. Dengan tulisan yang telah dibuat di dalam media sosial itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengingat pengalaman dan menyebarkannya kepada rekan sejawat guna memotivasinya.

Cara Meningkatkan Tenaga Pendidik Dan Sistem Pendidikan di Tanah Air

Kelebihan Sistem Pendidikan Di Tanah Air Yang Perlu Diketahui Masyarakat Umum

Sistem pendidikan di Indonesia yang berjalan sesuai dengan rencana nantinya bisa mempengaruhi perkembangan dan kemajuan untuk negara. Hal itu lantaran nantinya akan berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia yang mampu mendorong kemajuan bangsa negara. Di mana sistem pendidikan tanah air itu memiliki beberapa kelebihan yang wajib diketahui masyarakat umum seperti berikut.

1. Sistem Yang Transparan

Kelebihan pertama dari sistem pendidikan Indonesia yaitu dilakukan secara transparan. Dengan begitu mempermudah para wali murid untuk mengawasi kegiatan belajar yang dilakukan anaknya. Selain itu dengan sistem yang transparan ini orang tua juga bisa ikut serta untuk mengembangkan kecerdasan dan skill dari para murid tersebut didasarkan oleh kegiatan belajar di sekolah.

2. Penyusunan Kurikulum Dilakukan Oleh Ahli

Kelebihan selanjutnya dari sistem pendidikan di Indonesia yaitu kurikulum telah disusun oleh seorang ahli. Di mana saat ini para guru dan ahli langsung mempersiapkan kurikulum K 13 sebagai bahan ajarannya. Hal itu tentunya menjadi kelebihannya pasalnya guru termasuk seseorang yang nantinya akan terjun ke lapangan dengan begitu diharapkan bisa mengetahui apa saja materi yang dibutuhkan oleh para peserta didiknya guna menggali bakatnya.

3. Pembelajaran Yang Beragam

Seperti yang sudah diketahui bahwa di Indonesia sendiri terdapat beragam suku bangsa dan bahasa. Oleh karena itu mau tidak mau sistem pendidikan yang dibuat harus bisa menyesuaikan kondisi tersebut. Misalnya di pulau Jawa main mata pelajaran bahasa Indonesia juga ada mapel bahasa Jawa. Sedangkan di Jawa Barat terdapat mata pelajaran berupa bahasa Sunda. Dengan begitu membuat terciptanya pembelajaran yang beragam baik untuk jenjang formal, informal maupun informal.

Itulah pembahasan singkat tentang upaya untuk meningkatkan profesionalisme para pendidik dan kelebihan sistem pembelajaran di Indonesia. Pastinya jika para pendidik di Indonesia profesionalisme maka peluang untuk terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas sangatlah besar.